Jumat, 06 Maret 2015
On 06.41 by Unknown No comments
Karya Ilmiah
Lingkungan Bisnis
USAHA FOTO COPY DAN ATK
USAHA FOTO COPY DAN ATK
(Alat
Tulis Kantor)
Di Susun Oleh
:
Nama : Ambar Faruk
Nama : Ambar Faruk
Nim : 14.22.1611
Kelas : 14-SITS-02
Kelas : 14-SITS-02
Blog : faruqambar.blogspot.com
SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM
YOGYAKARTA
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan rahmatNya sehingga penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Usaha Foto Copy Dan ATK (Alat Tulis Kantor)” yang dimana karya ilmiah ini penulis gunakan sebagai tugas akhir mata kuliah Lingkungan Bisnis di STMIK Amikom Yogyakarta. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa. Tetapi walaupun demikian penulis berusaha sebisa mungkin menyelesaikan karya ilmiah meskipun tersusun sangat sederhana.
Penulis menyadari tanpa kerja sama
antara beberapa kerabat yang memberi berbagai masukan yang bermanfaat bagi
penulis demi tersusunnya karya tulis ilmiah ini. Untuk itu penulis mengucapakan
terima kasih kepada pihak-pihak tersebut diatas yang telah bersedia meluangkan
waktunya untuk memberikan arahan dan saran demi kelancaran penyusunan karya
ilmiah ini. Demikian semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis dan
para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan saran serta kritik dari berbagai
pihak yang bersifat membangun.
Yogyakarta, 5 Maret 2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Abstrak
Peluang
bisnis usaha foto copy dan ATK
(Alat Tulis Kantor) dilingkungan kampus sangat besar.
Toko foto copy dan ATK
(Alat Tulis Kantor) yang penulis rencanakan ini adalah
salah satu diantara sekian banyak toko di sekitar kampus yang memanfaatkan
peluang bisnis ini. Kondisi persaingan toko foto copy dan ATK (Alat Tulis Kantor) seperti ini menuntut toko foto copy dan ATK (Alat Tulis Kantor) melakukan rencana pengembangan bisnis sebagai pedoman
bisnis untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan dengan toko – toko foto
copy dan ATK (Alat Tulis Kantor) pesaingnya. Rencana pengembangan bisnis yang dilakukan
dalam aspek pemasaran, manajemen, dan keuangan.
Menjalankan bisnis
usaha foto copy dan ATK (alat tulis kantor) tidak memerlukan keahlian khusus
tertentu. Namun perlu diketahui mengenai strategi-strategi marketing,
pengelolaan keuangan, juga termasuk pemasok-pemasok ataupun jasa layanan servis
dan perawatan. Beberapa hal yang dapat dijadikan perhatian dalam memulai bisnis
usaha foto copy dan ATK (alat tulis kantor) seperti peralatan mesin fotokopi,
alat pemotong kertas, mesin laminating, etalase, meja, kursi, Pemasok alat
tulis kantor, Karyawan (jika diperlukan), Pengetahuan tentang teknik fotokopi,
potong kertas, penjilidan dan laminating, Pengatahuan tentang servis berkala
mesin fotokopi.
B.
Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Umum
Memperoleh gambaran dalam membangun suatu peluang Bisnis dengan memperhatikan
lingkungan sekitar kita.
2. Tujuan
Khusus Agar masyarakat terutama pada anak muda untuk memanfaatkan dan menyadari
pentingnya pembentukan peluang bisnis.
C. Manfaat Penulisan
Adapun
manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk
menyelesaikan tugas pada mata kuliah Lingkungan Bisnis
2. Sebagai
bahan dalam memberikan sumbangan pemikiran pada masyarakat terutama para pemuda
dalam pembentukan peluang bisnis.
D. Metode Penulisan
Dalam
penulisan karya tulis ilmiah ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode penulisan
sebagai berikut:
1.
Studi Kepustakaan : yaitu penulis membaca buku-buku
dan kumpulan mata pelajaran yang berkaitan dengan penelitian ini.
2.
Studi Online :Penulis
memperoleh data-data dari online atau dari internet yang mana memuat beragam
data yang berkaitan dengan judul karya ilmiah tersebut.
BAB II
ISI
A. Pembahasan
Bisnis dalam
arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi
yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari- hari
dan merupakan suatu ruang lingkup yang dimana dalam penempatannya selalu
memiliki lingkup kesibukan untuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan
keuntungan. Dimana dalam bisnis harus memiliki konsep yang matang, agar bisnis
yang dijalankannya bisa bertahan dan terus berkembang.
Menjalankan bisnis usaha foto copy dan ATK (alat tulis
kantor) tidak memerlukan keahlian khusus tertentu. Namun perlu diketahui
mengenai strategi-strategi marketing, pengelolaan keuangan, pemahaman konsep produk atau jasa. Kita harus memahami
teknis produksi, pasar, dan prospek (mulai dari lingkungan yang terkecil sampai
terbesar), pemasok ataupun jasa layanan servis dan perawatan untuk
menjalankan bisnis usaha foto copy dan ATK (alat tulis kantor).
B. Tujuan
Bisnis
Tujuan
bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari
bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang
diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi,
pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam
jangka panjang.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak
hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin
dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
1. Market
standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk
memperoleh pendapatan penjualan dan profit.
2. Innovation
yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian.
3. Physical
and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber
daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar
dan Semakin menguntungkan.
4. Manager
performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional
bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola
perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian
yang sesuai dengan profesinya.
5.
Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap
para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat
bekerja dengan baik.
6.
Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti
memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan
lapangan kerja, dll.
C. Aspek – Aspek
Bisnis
Dalam pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek
sebagai berikut :
1. Kegiatan
individu dan kelompok Dimana dalam pembemtukan suatu bisnis dibagi menjadi 2
pilihan, yakni bisnis perorangan atau bisnis perkelompok.
2. Penciptaan
nilai Terciptanya nilai melelui pelaksanaan konsep bisnis.
3. Penciptaan
barang dan jasa Dalam bisnis pasti yang dibicaran adalah barang dan jasa yang
diberikan atau dijual, sehingga harus ada data yang jelas tentang barang dan
jasa yang dihasilkan.
4. Keuntungan
melalui transaksi Saat melakukan transaksi harus merasa senyaman mungkin baik
dari pelayanan yang ditawarkan dan juga kesepakatan harga, dan kesepakata-
kesepakatan lainnya.
D. Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi
dan makroekonomi
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi
terhadap pihak yang berperan langsung
a. Pekerja / Karyawan Pekerja menginginkan gaji
yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang
tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
b. Dewan Komisaris Memantau kegiatan dan
mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan .
c. Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu
terhadap perusahaan
2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak
yang terlibat secara tidak langsung
a. Masyarakat
sekitar perusahaan memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai
bentuk tanggung jawab perusahaan.
b. Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk
kewajiban membayar pajak.
E.
Elemen Bisnis
a. Modal
(capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
b. Bahan-bahan
(materials) Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan
aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat.
c. Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM :
Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
d. Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja
manajemen.
BAB III
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian dan pemaparan
tentang peluang bisnis maka bisa diambil kesimpulan :
1. Dalam
membuat suatu bisnis harus memiliki konsep dasar yang jelas.
2. Harus
memiliki SDM yang kompetitif dan berkualitas tinggi.
3. Bisnis yang kita bangun harus disesuaikan
dengan kebutuhan masyarakat atau konsumen
B.
DAFTAR PUSTAKA
1.
M. Suyanto. 2004. smart in enterpreneur: Belajar dari
Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, penerbit ANDI, Yogyakarta
2.
http://www.cintapendidikan.co.cc/2010/11/contoh-makalah-pendidikan.html
3.
http://www.scribd.com/doc/36348926/tujuan-bisnis
4.
http://www.teraspenganggur.blogspot.com/2012/06/gambaran-wirausaha-fotokopi-dan-atk.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
BAB II PROFIL INDUSTRI A. Sejarah Singkat Berdirinya PT. Krida Dinamik Autonusa PT. Krida Dinamik Autonusa beralamatkan di Jl...
-
Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis USAHA FOTO COPY DAN ATK (Alat Tulis Kantor) Di Susun Oleh : Nama : Ambar Faruk Nim ...
-
Mendengarkan musik bukanlah sekedar hiburan semata. Tanpa Anda sadari, alunan musik sebenarnya telah memberikan perubahan suasana hati d...
-
BAB II PROFIL INDUSTRI A. Sejarah Singkat Berdirinya PT. Krida Dinamik Autonusa PT. Krida Dinamik Autonusa beralamatkan di Jl...
-
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari a...
-
Menjalankan usaha bisnis internet adalah usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan dari berbagai tempat mulai dari rumah, kontrakan, k...
-
Putri Nyale ( Mandalika ) Sejarah Putri Nyale, Cerita Rakyat Lombok Tengah Pada zaman dahulu di pantai selatan Pulau Lombok terdapat s...
-
Peluang usaha adalah sebuah kesempatan untuk kita dalam mengembangkan usaha dengan melihat hal-hal positif yang ada untuk dapat diman...
-
Pengertian E-commerce menurut beberapa sumber Dalam buku Jony Wong dituliskan bahwa pengertian E-commerce adalah pembelian (buying), p...
chitika
amikom
Blog Archive
@ambharbasebase. Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar